Memberikan informasi kepada anda seputar negara kita tercinta, Indonesia

Minggu, 16 Februari 2014

Apakah Indonesia Termasuk Masyarakat Madani?

Banyak orang yang bertanya-tanya "apakah Indonesia ini termasuk negara dengan masyarakat madani?". Pada dasarnya Indonesia telah memiliki dasar kuat sebagai negara dengan masyarakat madani, tapi dasar (peraturan atau kebijakan) tersebut belum dijalankan dengan baik. Ini berarti Indonesia belum menjadi masyarakat madani sepenuhnya. Lalu apa yang mendasari negara itu disebut masyarakat madani? Dan inilah ciri-ciri dari masyarakat madani:

1. Adanya ruang bebas bagi publik untuk mengeluarkan pendapat, masukan, kritik, saran, atau apapun itu bentuknya yang dilindungi oleh Undang-Undang. Meskipun demikian hak untuk melakukan aktivitas tersebut harus dibarengi dengan rasa tanggung jawab.

2. Menjunjung tinggi demokratisasi merupakan prinsip yang dianut oleh negara yang masyarakatnya madani. Pada dasarnya demokratasisasi sudah ada dinegeri ini, cuma masih belum sesuai dengan harapan seperti banyaknya kecurangan, money politic, dll.

3. Ciri-ciri lain yang mencerminkan masyarakat madani adalah adanya sikap saling toleransi antar masyarakat. Untuk beberapa daerah kita akui memiliki toleransi yang tinggi, tapi ada juga daerah yang sering bergejolak karena heterogenitas kita.

4. Indonesia adalah negara yang plularisme (heterogen) yang berprinsip Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi tetep satu jua. Karakteristik masyarakat madani adalah masyarakatnya plularisme, meskipun demikian masyarakatnya rukun, aman dan damai.

5. Kita memiliki dasar yang kuat untuk menjunjung tinggi keadilan sosial seperti yang tertuang dalam sila ke-5 Pancasila. Akan tetapi keyataan dilapangan belum terealisasi, masih banyak ketimpangan di Indonesia ini, masih banyak orang miskin dan anak-anak terlantar.

6. Salah satu prinsip yang dianut oleh masyarakat madani adalah ikut serta dalam politik artinya partisipasi keikutsertaan mereka dalam politik tinggi. Harus diakui Indonesia masih belum seperti itu, angka golput di Indonesia termasuk yang tinggi (bisa diatas 50%).

7. Ciri-ciri lain dari negara dengan masyarakat yang madani adanya supremasi hukum. Sejujurnya Indonesia belum seperti itu, walaupun jalan kearah perbaikan sudah ada. Hukum di Indonesa layaknya sebuah pisau, tajam kebawah tapi tumpul keatas.

Apakah Indonesia Termasuk Masyarakat Madani? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 komentar:

Posting Komentar