Memberikan informasi kepada anda seputar negara kita tercinta, Indonesia

Kamis, 16 Januari 2014

Bagaimana Cara Melestarikan Lingkungan Hidup di Indonesia?

Ada pepatah yang mengatakan bahwa "Alam Indonesia bukanlah warisan nenek moyang kita, tetapi merupakan titipan anak cucu kita". Oleh sebab itu, kita harus bersama-sama menjaga alam Indonesia ini agar senantiasa terjaga kelestariannya. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar kelestarian lingkungan dan alam Indonesia senantiasa terjaga, dan itu bisa kita lakukan mulai dari hal-hal yang sederhana seperti :

Sumber Gambar dari Flickr

1. Menanam pohon, saat ini gerakan menanam pohon di Indonesia sedang ramai dilakukan, baik pemerintah, masyarakat, maupun organisasi-organisasi. Jika satu orang Indonesia menanam satu pohon saja setiap bulannya, Indonesia akan memiliki enam milyar pohon (baru) setiap tahunnya.

2. Bersepeda, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari bersepeda. Selain bersepeda itu menyehatkan badan, aktivitas ini juga tidak mencemari lingkungan. Tentu ini berbeda dengan kendaraan bermotor yang mengeluarkan emisi gas yang dapat mencemari lingkungan.

3. Menggunakan transportasi umum, hal yang satu ini juga merupakan wujud cinta terhadap lingkungan. Gambarannya seperti ini, dengan gas keluaran yang hampir sama, transportasi umum bisa memuat lebih banyak penumpang (orang) ketimbang kendaraan pribadi.

4. Menggunakan energi listrik secara wajar, kita semua sudah mengetahui bahwasannya energi listrik dihasilkan dari pembakaran batubara dan minyak bumi yang menghasilkan emisi. Untuk itu, mari kita mulai berhemat dan manjadi bijak dalam menggunakan energi listrik

5. Mendaur ulang sampah, salah satu wujud kecintaan kita terhadap lingkungan sekitar kita adalah menggunakan peralatan dan perlengkapan daur ulang. Daripada sampah membuat tanah menjadi rusak, lebih baik sampah digunakan untuk membuat peralatan dan perlengkapan.

6. Berpartisi dalam acara atau kegiatan yang bertemakan lingkungan, misalnya membersihkan sampah yang ada disepanjang bantaran sungai, menanam satu juta pohon dikawasan puncak, bersepeda ke kantor atau sekolah, dan masih banyak lagi acara dan kegiatan lainnya.

Bagaimana Cara Melestarikan Lingkungan Hidup di Indonesia? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 komentar:

Posting Komentar