Memberikan informasi kepada anda seputar negara kita tercinta, Indonesia

Jumat, 14 Februari 2014

Inilah 10 Hewan Langka di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa. Menurut catatan, Indonesia adalah wilayah dengan kekayaan sumber daya hayati terlengkap ke-2 didunia setelah daerah Amazon di Amerika Selatan. Meskipun demikian, tidak semua hewan di Indonesia tergolong lestari dan terjaga, ada beberapa hewan Indonesia yang termasuk kategori langka atau hampir punah. Dan inilah 10 hewan langka yang ada diwilayah negara Indonesia:

1. Harimau Sumatera, sungguh sangat disayangkan hewan endemik Sumatera ini jumlahnya tidak lebih dari 1.000 ekor baik yang ada dialam liar maupun yang ada dikebun-kebun binatang.

2. Gajah Sumatera, para pemerhati hewan menyebutkan angka 3.000 merupakan jumlah maksimal gajah Sumatera yang ada saat ini. Diduga perburuan liar adalah penyebab menurunnya jumlah hewan itu

3. Badak Bercula Satu, hewan besar penghuni Suaka Marga Satwa Ujung Kulon ini diperkirakan jumlahnya hanya 50 ekor saja. Penyakit dan bencana alam adalah penyebab hewan ini menjadi langka.

4. Jalak Bali, hewan cantik asal Bali ini juga termasuk kategori hewan yang langka dan punah. Diperkirakan jumlah Jalak bali yang ada dialam liar tidak lebih dari 1.000 ekor saja.

5. Komodo, hewan prasejarah yang masih hidup dialam Indonesia ini diperkirakan berjumlah 3.000 ekor. Penyebab utama yang menjadikan hewan ini langka adalah perburuan liar.

6. Pesut Mahakam, hewan yang dilindungi oleh Undang-Undang ini jumlahnya tidak akan lebih dari 70 ekor. Hewan endemik kalimantan ini habitatnya disungai, yaitu Sungai Mahakam.

7. Orang Utan, jumlah orang utan setiap tahunnya semakin berkurang di Indonesia hal ini disebabkan oleh berkurangnya habitat orang utan akibat alih fungsi lahan perhutanan.

8. Anoa, hewan yang menjadi identitas Provinsi Sulawesi Tenggara ini tergolong langka dan hampir punah. Diperkirakan jumlah hewan ini tidak akan lebih dari 5.000 ekor yang tersebar diseluruh nusantara.

9. Babirusa, hewan endemik Sulawesi lainnya yang tergolong langka dan hampir punah adalah Babirusa. Menurut data yang ada, jumlah hewan ini yang ada di Indonesia hanya sekitar 200 ekor saja.

10. Burung Cendrawasih, burung yang menjadi lambang dan identitas Papua ini tergolong langka. Penyebab utama kelangkaan hewan ini adalah adanya perburuan liar dengan motif ekonomi. 

Inilah 10 Hewan Langka di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

1 komentar:

  1. Wah.. Ternyata banyak satwa langka di Indonesia yg masih belum aku kenal. Babirusa, Anoa, Pesut Mahakam. Kenapa foto mereka gak dipajang?

    BalasHapus