Kamis, 20 Februari 2014

Dahsyatnya 7 Bencana Alam di Indonesia

2 comments
Indonesia adalah negara yang subur dan makmur, ini merupakan karunia dari Tuhan YME yang patut kita syukuri bersama. Tetapi dibalik itu, negeri ini juga merupakan negeri yang sering ditimpa bencana alam. Kita tidak bisa mengelaknya, tetapi kita bisa mengambil pelajaran dan hikmah dari setiap kejadian yang ada. Perlu diingat bahwa bencana alam yang terjadi di Indonesia bukan semata-mata karena faktor alam saja, tetapi juga ada andil dari tangan-tangan jahil manusia. Dan inilah 7 kedahsyatan bencana alam di Indonesia:

1. Tsunami Aceh, bencana alam ini terjadi beberapa hari menjelang tahun baru masehi tepatnya 26 Januari 2004. Tsunami menerjang kawasan pesisir barat Pulau Sumatera bagian utara seperti Provinsi Aceh dan Kepulauan Nias. Peristiwa memilukan ini menelan korban melebihi 200.000 jiwa.

2. Letusan Gunung Tambora, periswita meletusnya Gunung Tambora yang terletak di Kabupaten Dompu, Provinsi NTB terjadi pada bulan April 1815. Bencana ini menyebabkan 92.000 korban jiwa dan dampak-dampak lainnya seperti gagal panen, penyakit tifus, kelaparan, hingga kerusuhan.

3. Letusan Gunung Krakatau, fenomena alam ini terjadi pada tanggal 26 Agustus 1883 dengan kekuatan yang dahsyat (lebih dari 30.000 kali kekuatan bom atom Hiroshima dan Nagasaki). Kejadian ini memakan korban lebih dari 36.417 jiwa serta menimbulkan tsunami dan kerusakan.

4. Gempa Padang, gempa yang berkekuatan 7,6 SR itu terjadi pada tanggal 30 september 2009. Gempa tersebut membuat 6.234 orang kehilangan nyawa dan puluhan ribu orang lainnya luka-luka. Peristiwa ini pula menyebabkan ratusan ribu rumah di Kota Padang rusak-rusak.

5. Gempa Jogja, gempa yang berkekuatan 6,2 SR itu mengguncang Kota Jogja pada tanggal 27 Mei 2006 dengan durasi yang hampir 1 menit lamanya. Gempa tersebut membuat 5.700 orang melayang, melukai puluhan ribu orang dan menyebabkan puluhan ribu rumah rusak-rusak.

6. Gunung Kelud, salah satu gunung teraktif di Jawa Timur itu telah beberapa kali meletus, peristiwa letusan Gunung Kelud terbesar terjadi pada tanggal 19 Mei 1919. Peristiwa memilukan ini telah menyebabkan 5.160 orang tewas dan puluhan ribu orang lainnya menjadi korban.

7. Tsunami Ende, Pada tanggal 12 Desember 1992 terjadi tsunami besar di Kabupaten Ende, Provinsi NTT. Kejadian ini didahului oleh gempa yang sangat dahsyat yang berkekuatan 7.8 SR. Bencana alam ini menyebabkan hampir 2000 orang meninggal dan merusak 18.000 rumah.  


2 komentar:

  1. semoga bencana juga membawa kesadaran kita bahwa keseimbangan alam mutlak harus di jaga.

    BalasHapus
  2. Indonesia kembali bangkit dan menata diri setelah bencana-bencana yang ada.

    BalasHapus