Memberikan informasi kepada anda seputar negara kita tercinta, Indonesia

Kamis, 23 Januari 2014

Beberapa Dampak Positif Globalisasi Terhadap Bangsa Indonesia

Saat ini kita berada diera globalisasi dimana dunia terasa dekat tanpa batas. Keadaan ini terjadi dengan didukung oleh multifaktor seperti perkembangan teknologi dan kemajuan industri khususnya dalam bidang telekomunikasi dan informasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa globalisasi memberikan dampak positif bagi Bangsa Indonesia, antara lain:

1. Indonesia menjadi tempat berinvestasi bagi perusahaan-perusahaan dari luar negeri (asing), tentu ini sesuatu yang bernilai positif karena hal tersebut bisa menciptakan banyak lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia dan mengurangi tingkat pengangguran yang ada dinegeri ini.

2. Indonesia semakin dikenal masyarakat internasional sehingga menjadikan banyak tempat-tempat wisata di Indonesia sebagai daerah tujuan wisata turis-turis asing. Ini tentu berdampak positif karena bisa meningkatkan pendapatan negara dari sektor pariwisata (pada khususnya).

3. Meningkatnya taraf hidup masyarakat, tentu ini harus dibarengi dengan kecerdasan dan keterampilan. Kita bisa melihat banyak sekali orang kita yang bekerja diperusahaan-perusahaan ternama karena kecerdasan dan keterampilannya sehingga taraf hidup mereka bisa meningkat.

4. Meningkatkan devisa negara dari ekspor komoditas, sebagaimana yang kita ketahui bahwa Indonesia ini kaya akan sumber daya alamnya. Sumber-sumber daya alam Indonesia yang diekspor antara lain minyak sawit, batu bara, rempah-rempah, kopra, ikan, dan masih banyak lagi.

5. Terbukanya akses terhadap informasi yang lebih luas, ini dapat membuka wawasan kepada Bangsa Indonesia untuk ilmu pengetahuan. Seharusnya hal ini bisa dioptimalkan sehingga bisa menciptakan generasi muda Indonesia yang berwawasan dan berpengetahuan luas.

Beberapa Dampak Positif Globalisasi Terhadap Bangsa Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 komentar:

Posting Komentar