Memberikan informasi kepada anda seputar negara kita tercinta, Indonesia

Kamis, 23 Januari 2014

Berbagai Dampak Negatif Globalisasi terhadap Bangsa Indonesia

Bagai dua sisi uang koin, globalisasi tidak hanya berdampak positif saja melainkan juga bisa berdampak negatif. Untuk itu kita harus bisa meminimalisir akibat negatifnya atau kita juga bisa membuangnya jauh-jauh. Dan inilah berbagai dampak negatif globalisasi terhadap Bangsa Indonesia yang bisa anda jumpai dewasa ini.

1. Manusia semakin individualistik terutama untuk orang-orang didaerah perkotaan. Salah satu penyebabnya adalah kemajuan teknologi yang bisa menggantikan peran manusia. Kini manusia lebih sering berpatner (berkawan) dengan gadget ketimbang dengan manusia lainnya, ironis!

2. Semakin lunturnya kepribadian dan identitas dari bangsa ini seperti gotong-royong, musyawarah untuk mufakat, sikap solidaritas, kesetiakawanan sosial, dan kepedulian sosial. Padahal itu semua adalah karakteristik dari bangsa ini yang membedakannya dengan bangsa-bangsa lain didunia.

3. Masuknya budaya-budaya asing (westernisasi) yang tidak sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia. Budaya-budaya tersebut bisa masuk ke Indonesia dari arah dan jalan mana saja, mungkin kalau saat ini melalui teknologi seperti internet, televisi, dan berbagai media lainnya. 

4. Meningkatnya kesenjangan sosial, orang kaya semakin kaya dan orang miskin semakin miskin. Nah itulah yang membuat jurang pemisah antara si kaya dan si miskin semakin bertambah lebar. Jika hal ini dibiarkan tentu akan membuat menyebabkan permasalahan sosial lainnya.

5. Indonesia belum bisa menjadi tuan rumah dinegerinya sendiri, ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan-perusahaan asing yang mengelola sumber-sumber daya yang ada dinegeri ini seperti disektor pertambangan, perminyakan, manufaktur, perbankan, dan sektor-sektor lainnya.

Berbagai Dampak Negatif Globalisasi terhadap Bangsa Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

3 komentar:

  1. Wah, bener bgt ini...

    Kita harus bisa membentengi diri dari pengaruh buruk globalisasi...

    BalasHapus
  2. Semoga bangsa ini kembali ke jati dirinya. Aamiin :)

    http://kangharis.com

    BalasHapus
  3. Menderita sama di sini di Brasil, orang-orang semakin individualis, orang berhubungan hanya bunga, jika Anda memiliki mobil tahun semua besar jika Anda bepergian setiap liburan Anda adalah orang yang sukses. Orang menilai Anda untuk apa yang Anda miliki daripada apa yang Anda.http://www.acompanhantesgp.com.br

    BalasHapus